Sudah menjadi rahasia umum bahwa agama Islam kitab sucinya adalah Al-Qur’an. Melaui suroh Al-Baqoroh ayat 2, Al-Qur’an sendiri telah difirmankan oleh Allah Subhanahu wa ta'alai bahwa Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa. Sebagai orang Islam wajib hukumnya untuk belajar mengenai Al-Qur’an. Tetapi, bagaimana cara cepat baca Alquran? Mengingat kita semua mengetahui bahwa tidak semua orang Islam bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Belajar Al-Qur’an tidak seperti belajar pelajaran umum lainnya seperti belajar matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan lainnya. Belajar Al-Qur’an dibutuhkan teknik khusus karena belajar Al-Qur’an karena di dalam Al-Qur’an itu kita belajar ayat-ayat atau lafadz-lafadz Allah yang menggunakan tulisan arab yang dimana sangat berbeda dengan bahasa dan tulisan yang kita gunakan sehari-hari.

cara cepat baca alquran di mana saja
cara cepat baca alquran di mana saja

Bagaimana Cara cepat Baca Alquran? Berikut Tips-tipsnya

Disini akan dibahas mengenai belajar membaca Al-Qur’an. Biasanya para pemula yang akan belajar membaca Al-Qur’an akan diajarkan dan diperkenalkan dengan apa yang namanya huruf hijaiyah. Mengenal huruf hijaiyah terlebih dahulu merupakan salah satu cara cepat baca Alquran. Mengapa? Karena di dalam Al-Qur’an sendiri terdapat ayat-ayat yang merupakan potongan dari beberapa huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah terdiri dari 28 huruf, kesemua huruf merupakan dasar-dasar dari lafadz yang terdapat dalam Al-Qur’an. Cara kedua adalah dengan belajar mengenai harokat. Apa itu harokat? Harokat ibarat sesuatu yang dapat menghidupkan suatu huruf hijaiyah agar bisa dilafadzkan dan dibaca

Banyak cara dalam belajar membaca Al-Qur’an selain mempelajari huruf hijaiyah dan harokatnya, kita juga harus belajar mengenai bacaan di Al-Qur’an seperti idzhar, ikhfa, iqlab, mad, qolqolah. Selain itu dalam membaca Al-Qur’an juga harus memperhatikan mana bacaan yang waqaf/berhenti dan mana yang washal/dibaca terus. Cara cepat yang lain adalah dengan cara mempraktekan sedikit demi sedikit membaca huruf hijaiyah dengan pelan-pelan dan yang perlu diperhatikan adalah membaca Al-Qur’an tidak bisa memotong ayat ditengah begitu saja karena hal itu akan menyebabkan perubahan kandungan arti lafadz yang ada di Al-Qur’an tersebut. Tidak cukup sampai disitu saja, cara cepat baca Alquran harus dilakukan secar terus menerus dan rutin agar pemula yang sedang belajar membaca Al-Qur’an cepat menyerap pembelajaran.